Selasa, 16 September 2014

Perencanaan Keamanan Jaringan

KJ : Perencanaan Keamanan Jaringan

Nama : Aziz Fitriono Aditya Putra
Guru Pengapu : Slamet Hariadi
Pertemuan Ke 3 Hari Rabu Tanggal 10 September 2014


1.      Metode Keamanaan jaringan
·         Pembatasan Akses Jaringan Komputer
1.      Internal Password Autenthication
Password yang baik menjadi penting dalam suatu keamanan jaringan. Password yang baik adalah kombinasi dari angka dan huruf sehingga lebih sulit untuk terkena hack. Kebanyakan masalah dalam keamanan jaringan disebabkan karena password yang kurang baik.
2.      Server-based Password Autenthication
Sebuah computer server juga perlu kunci atau  password agar data yang disimpan didalamnya dapat terjaga dengan aman. Dalam keamanan jaringan password dalam server merupakan kebutuhan yang harus ada.
3.      Firewall and Routing Control
Firewall sangat penting pada jaringan untuk meminimalisir pencurian data computer tersebut. Karena itu pada saat instalasi jaringan firewall dan konfigurasi routing harus tepat agar tidak terja dikendala pada kedepannya.
·         Monitoring terjadwal dalam Jaringan
Untuk sebuah admin dalam sebuah jaringan, monitoring itu sangat perlu dilakukan agar mengetahui kondisi dan keadaan jaringan tersebut agar tidak sampai down.
·         Menggunakan metode enkripsi tertentu
Dasar enkripsi cukup sederhana. Pengirim menjalankan fungsi enkripsi pada pesan plaintext, ciphertext yang dihasilkan kemudian dikirimkan lewat jaringan, dan penerima menjalankan fungsi dekripsi (decryption) untuk mendapatkan plaintext semula.
Proses enkripsi/dekripsi tergantung pada kunci (key)  rahasia yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima. Ketika kunci dan enkripsi ini digunakan, sulit bagi penyadap untuk mematahkan ciphertext, sehingga komunikasi data antara pengirim dan penerima aman.


2.      Password
Akun administrator pada suatu server sebaiknya diubah namanya dan sebaiknya hanya satu akun saja yang dapat mengakses.Untuk melakukan pengujian password yang dibuat. Ada utilitas yang dapat digunakan untuk mengeteskehandalan password, yaitu dengan menggunakansoftware seperti avior yang bertujuan untukmelakukan brute-force password.
3.      Memonitor Jaringan
Untuk meminimalisir penyerangan terhadap keamanan jaringan, hal yang dapat dilakukan administrator dalam memonitoring jaringan sebaiknya adalah dengan membatasi user yang dapat melakukan full-access kedalam suatu server. Cara paling sederhana adalah dengan memberlakukan wewenang read only untuk semua user. Pemonitoran juga dapat dilakukan dengan melakukan pengauditan sistem Log pada server tertentu oleh administrator jaringan. Tujuannya adalah mengidentifikasi gangguan danancaman keamanan yang akan terjadi pada jaringan

0 komentar:

Posting Komentar